Hindari Laka Lantas Akibat Odol, Himbau Personil Sat Lantas Polres Tebing Tinggi

TEBING TINGGI, TRANSPUBLIK, co.id- Seringnya kecelakaan lalu lintas (Laka Lantas) salah satu penyebabnya karena adanya over dimensi dan over loading oleh para pemilik atau supir Mobil Angkutan Barang/ Truck/Trailer.

Guna mengurangi terjadinya laka lantas di jalan raya tersebut, Satuan Lalu Lintas Polres Tebing Tinggi dengan gencar-gencarnya memberikan himbau dan edukasi sosialisasi tentang over dimensi dan over loading (ODOL) terhadap para pemilik maupun supir mobil angkutan barang/truck/trailer.

Sosialisasi dimaksud dilakukan pada Senin tanggal 28 Maret 2022 pukul 10.00 Wib hingga selesai bertempat di Simpang Beo, Jln. Yos Sudarso, Kota Tebing Tinggi dengan sasaran para pemilik Mobil, Supir Mobil Angkutan Barang / Truck / Trailer yang melintas.

Ketika dikonfirmasi, Kasat Lantas Polres Tebing Tinggi, AKP Dhoraria S. Simanjuntak, SH, MH membenarkan giat tersebut.

“Personil Sat Lantas Polres Tebing Tinggi melaksanakan Sosialisasi dan himbauan tentang Over Dimensi dan Over Loading (ODOL) kepada Para pemilik mobil, Supir mobil Truck, Trailer untuk tidak melanggar ketentuan muatan, ataupun merubah dimensi kenderaan, Over Dimensi dan Over Loading (ODOL) agar tetap memperhatikan ketentuan yg berlaku sesuai dengan Buku Uji yang dikeluarkan oleh Dinas Perhubungan setempat,” kata Dhoraria melalui Kasi Humas, AKP Agus Arianto.

Katanya, Over dimensi dan over loading (ODOL) di jalan dapat menimbulkan terjadinya Kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan tingkat fatalitas cukup tinggi terhadap korban Laka Lantas dan dapat menimbulkan kerusakan infrastruktur Jalan, karena terjadinya Kecelakaan Lalulintas berawal atau disertai dari suatu pelanggaran terlebih dahulu, imbuhnya.

Harapannya dengan adanya edukasi dan Sosialisasi tentang bahaya Over Dimensi dan Over Loading (ODOL) dapat mencegah terjadinya Kecelakaan Lalulintas, sehingga terciptanya Kamseltibcar lantas yang kondusif di Wilkum Polres Tebing Tinggi, pungkas Dhoraria mengakhiri.

(TP/AH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *