Kapolres Tebing Tinggi Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Huta Toba 2022, Amankan Pilkades Serentak

TEBING TINGGI, TRANSPUBLIK,co.id- Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Huta Toba 2022 dipimpin langsung oleh Kapolres Tebing Tinggi, AKBP Mochamad Kunto Wibisono SH, S.IK, M.Si bertempat di Lapangan Apel Batalyon B Sat Brimob Tebing Tinggi, Rabu (30/3/2022) pukul 07.30 Wib.

AKBP Mochamad Kunto Wibisono melalui Kasi Humas Polres Tebing Tinggi, AKP Agus Arianto menjelaskan bahwa Operasi Mantap Toba kali ini dalam rangka Pengamanan Pemilihan Kepala Desa di 30 Desa 5 Kecamatan, Kabupaten Serdang Bedagai yang dalam wilayah hukum Polres Tebing Tinggi.

“Pertama – tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada hari ini kita masih diberikan kekuatan dan kesehatan untuk hadir di tempat ini dalam rangka Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades Serentak tahun 2022 “Operasi Mantap Huta Toba -2022”, yang dilaksanakan di 30 desa 5 kecamatan Kab. Serdang Bedagai,” kata Kapolres mengawali amanatnya.

Diktakan, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir kesiapan polri dalam melaksanakan pengamanan pilkades serentak tahun 2022 Kab. Serdang Bedagai wilayah hukum Polres Tebing Tinggi baik pada aspek personel berikut kelengkapan sarana dan prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda dan mitra kamtibmas lainnya.

Sebagaimana diketahui bersama sejak dibukanya pendaftaran bakal calon kepala desa di Kab. Serdang Bedagai yang lalu tahapan demi tahapan pilkades terus berjalan, sehingga pada hari rabu tanggal 31 maret 2022 telah memasuki tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Oleh karena itu, apel pergeseran pasukan ini sangat penting untuk mengetahui kesiapan personil yang terlibat dalam pengamanan baik secara moril maupun materil seperti perlengkapan perorangan dan sarana prasarana yang diperlukan selama pelaksanaan Operasi “ Mantap Huta Toba- 2022”, ujar Kapolres.

Sudah menjadi kebiasaan, lanjutnya, bahwa setiap tahapan pilkades selalu melibatkan massa pendukung dan tentunya mengandung banyak kerawanan yang harus kita antisipasi, khususnya pada tahap pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Dimana pada saat itu paslon pilkades akan mengumpulkan massa yang sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas seperti terjadinya aksi unjuk rasa damai sampai dengan timbulnya tindakan anarkis.

Oleh karena itu, Polres Tebing Tinggi telah menurunkan personil dalam pengamanan tahap pungut dan hitung suara pilkades serentak tahun 2022 sebanyak 541 personil dengan BKO TNI Kodim 0204 DS, Sat Brimob Polda Sumut dan Dit Samapta Polda Sumut dari 30 desa 135 TPS dan 5 kecamatan dengan jumlah DPT 58.611 orang dan cakades sebanyak 87 orang, imbuhnya.

Hadirin dan para peserta apel yang saya banggakan, perlu kita sadari bersama bahwa, Prov Sumatera Utara adalah salah satu barometer keamanan di Indonesia. Dan perlu kita sadari juga bahwa Kab. Serdang Bedagai merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Utara yang juga ikut berkontribusi dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2022 yang perlu kita jaga keamanan dan kekondusifanya.

Dari sebab itu melalui moment apel pergeseran pasukan ini, saya mengajak kita semua agar mewujudkan komitmen kita bersama untuk mensukseskan pilkades tahun 2022 di wilayah Kab. Serdang Bedagai, sehingga semua tahapan pilkades tahun 2022 terlaksana dengan aman dan lancar, serta situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Tebing Tinggi.

Selain itu Kapolres menegaskan bahwa netralitas TNI-Polri dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2022 ini, terutama kepada unsur penyelenggara pilkades dan seluruh komponen masyarakat, bahwa TNI-Polri tidak akan berpihak kepada calon kades baik secara langsung maupun tidak langsung, TNI Polri akan bekerja secara profesional dan proporsional sesuai dengan tupoksi masing-masing, tegasnya.

Saya optimis kita dapat melaksanakan pengamanan pilkades serentak tahun 2022 di 30 desa 5 kecamatan Kab. Serdang Bedagai dengan baik, karena kita memiliki pengalaman berharga pada saat pelaksanaan pilkada yang lalu, berdasarkan pengalaman tersebut dapat kita evaluasi kelemahan dan kekurangannya dan kita perbaiki untuk ditingkatkan, sehingga pengamanan pilkades serentak tahun 2022 di Kab. Serdang Bedagai wilayah hukum Polres Tebing Tinggi dapat lebih baik lagi dan Kab. Serdang Bedagai wilayah hukum Polres Tebing Tinggi yang kondusif dan aman tetap terjaga terpelihara dengan baik, pintanya.

Sebelum apel diakhiri Kapolres memberi penekanan diantaranya: meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa sebagai landasan spritual dalam setiap pelaksanaan tugas. Meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi terhadap segala bentuk gangguan kamtibmas, selama pelaksanaan pilkades serentak tahun 2022 di wilayah hukum polres tebing tinggi.

Kemudian menjaga dan memelihara netralitas TNI-Polri, dan seluruh penyelenggara pilkades untuk mewujudkan keadilan dan kejujuran dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2022 di wilayah hukum Polres Tebing Tinggi.

Cek kesiapan anggota dengan baik serta berikan app yang jelas sebelum bertugas supaya anggota melaksanakan tugas pengamanan sesuai dengan standar operasional prosedur (sop) yang berlaku. Selalu berkoordinasi dan kerjasama antar petugas pengamanan, antar kesatuan dan pelihara sinergitas yang telah terjalin dengan baik selama ini. Utamakan kesehatan dan keselamatan anggota dengan mematuhi protokol kesehatan, pungkas Kapolres.

Secara terpisah Kasi Humas menyebut bahwa apel dimaksud dihadiri Kapolres Tebing Tinggi AKBP Mochamad Kunto Wibisono, SH, S.IK, M.Si, Kasubbid Provos Bid Propam AKBP Budiman Butar-Butar SH, M.Hum, Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Asrul Robert Sembiring, SH, MH, Para PJU Polres Tebing Tinggi, Danyon B Sat Brimob Tebing Tinggi Kompol Syamsul Bahri, SH, Danramil Sipispis Kapten PM. Simanjuntak, Asisten I Kab.Sergai
Nina Deliana Hutabarat, Camat Tebing Tinggi, Camat Bandar Khalipah, Camat Tebing Syahbandar H. Mhd. Khairi S.Sos, Camat Dolok Merawan Alfian Purba, SE, MM dan Camat Sipispis.

(TP/AH)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed