Polres Tebing Tinggi Lakukan Rapat Kooridinasi Bersama KPU Kota Tebing Tinggi, Terkait Pemilu 2024

TEBING TINGGI, TRANSPUBLIK, co.id- Rapat Koordinasi antara Polres Tebing Tinggi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tebing Tinggi terkait persiapan menghadapi tahapan Pemilu tahun 2024 di Kota Tebing Tinggi berlangsung, Kamis (2/6/2022) pukul 11.00 Wib bertempat di Ruang Kerja Wakapolres Tebing Tinggi.

Hadir dalam Rapat Koordinasi tersebut Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Robert Sembiring SH, MH, Kabag Sumda Polres Tebing Tinggi AKP Zulham, Kasat Intelkam Polres Tebing Tinggi AKP Suparmen, Kasat Reskrim Polres Tebing Tinggi AKP Junisar Rudianto Silalahi, SH, MH dan Ps. Kanit 1 Sat Intelkam Polres Tebing Tinggi Aipda Erlangga Tambunan, SH

Sementara dari KPU Kota Tebing Tinggi hadir Ketua KPU Kota Tebing Tinggi Drs. Abdul Khalik M.AP, M.I.Kom, Sekertaris KPU Kota Tebing Tinggi H. Ahmad Nurdin, SH, Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Tebing Tinggi H. Emil Sofyan S.Pd.I, Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Tebing Tinggi H. Rudi Herwin SE, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Tebing Tinggi Mukhlis Mochtar, Tenaga Fungsional Tata Kelola Pemilu KPU Kota Tebing Tinggi Elmi Handayani Harahap, Kasubbag Rendatin KPU Kota Tebing Tinggi Sri Rahayu serta Staff KPU Kota Tebing Tinggi Nuraina Putri.

Wakapolres Tebing Tinggi Kompol Robert Sembiring SH, MH menyampaikan permohonan maaf atas karena Kapolres tidak dapat hadir dalam kegiatan ini karena sedang sakit. Selain itu beliau juga berterima kasih kepada Ketua KPU Kota Tebing Tinggi beserta rombongan dan berharap ke depannya dapat bekerja sama dengan baik dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

“Apapun permintaan data dan pengamanan personil pasti kami dukung dengan baik. Begitu juga agar KPU dan Polres Tebing Tinggi dapat bertukar informasi dan data demi berjalan nya tahapan Pemilu 2024 dengan baik,” ucap Wakapolres.

Ketua KPU Kota Tebing Tinggi Drs. Abdul Khalik M.AP, M.I.Kom menjelaskan bahwa tahapan pemilu 2024 dimulai 14 Juni 2022 dan itu akan berlaku di seluruh Indonesia.

“Berdasarkan pengalaman Pemilihan Legislatif yang lalu pada saat tahapan, kami memohon agar sudah ada penempatan personil Polres Tebing Tinggi kantor KPU Kota Tebing Tinggi,” pinta Abdul Khalik.

Abdul Khalik melanjutkan, KPU sepanjang tahun sudah melakukan pendataan daftar pemilih berkelanjutan yaitu di sektor daftar pemilih pemula dan pensiunan TNI-Polri, untuk itu kami berharap Polres Tebing Tinggi memberikan informasi kepada kami bagi personil Polri yang telah pensiun.

Kami memperbarui data daftar pemilih berkelanjutan setiap 3 bulan sekali dan kami akan selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk terus memperbaiki data kami. Dalam rentang waktu Juni s/d Desember 2022 ada beberapa pekerjaan besar yang membutuhkan bantuan pihak keamanan, salah satunya banyaknya partai baru yang dibentuk di Kota Tebing Tinggi.

Pada bulan Oktober akan dilaksanakan seleksi PPK (Panita Pemilihan Kecamatan) di KPU Kota Tebing Tinggi maka dari itu kami sampaikan bahwa mulai Juni 2022 kami sangat membutuhkan bantuan Polres Tebing Tinggi, imbuhnya.

Penyampaian Divisi SDM dan Parmas KPU Kota Tebing Tinggi H. Emil Sofyan S.Pd.I sebagai berikut dalam rentang waktu 6 bulan kedepan terdapat 4 tahapan Pemilu 2024 yang akan kami lakukan. Terkait hal penerimaan Panitia Pemilihan Kecamatan, KPU RI telah mengeluarkan syarat bahwa Panitia Pemilihan Kecamatan harus berusia dibawah 50 tahun. Saat ini ada 8 sistem aplikasi yang akan digunakan oleh KPU dalam Pemilu 2024, tambah Emil Sofyan.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kota Tebing Tinggi H. Rudi Herwin SE menjelaskan bahwa Daftar pemilih berkelanjutan setiap 3 bulan dilakukan pembaharuan data dan selalu membuat kegiatan yang mengundang stake holder agar bersama mengetahui jumlah daftar pemilih berkelanjutan.

Kasat Intelkam Polres Tebing Tinggi AKP Suparmen mengatakan terkait dengan tahapan KPU Kota Tebing Tinggi yang membutuhkan personil pengamanan dari Polres Tebing Tinggi disampaikan secara tertulis dan jauh sebelum hari H agar dapat mempersiapkan pengamanan personil dengan baik.

“Polres Tebing Tinggi siap dan mendukung sepenuhnya seluruh tahapan Pemilu 2024 di Kota Tebing Tinggi agar berjalan dengan aman dan kondusif,” pungkas AKP Suparmen.

Rapat koordinasi tersebut berakhir pukul 12.00 wib, selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif.

(TP/AH)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed