Satu dari Tiga Orang Pelaku Pencuri TBS Berhasil Ditangkap Security dan Diserahkan Ke Mapolsek Dolok Merawan

TEBING TINGGI, TRANSPUBLIK, co.id- Seorang pria berinisial TS (42) warga Dusun I, Desa Bahdamar, Kec. Dolok Merawan, Kab. Serdang Bedagai ketahuan saat mencuri Tanda Buah Kelapa Sawit (TBS) milik PTPN IV Kebun Pabatu di areal Afdeling V, Blok 17 U, PTPN IV Kebun Pabatu, Desa Pabatu III, Kec. Dolok Merawan, Kab. Serdang Bedagai ditangkap oleh security JWM perkebunan tersebut.

Kapolsek Dolok Merawan melalui Kasi Humas Polres Tebing Tinggi, AKP Agus Arianto membenarkan penangkapan tersebut. Dikatakan, TS dibawa security ke Mapolsek Dolok Merawan, Jumat (15/4/2022) sekira pukul 16.00 Wib.

Penahanan pun dilakukan berdasarkan adanya Laporan Polisi dengan nomor : LP/ B / 12 / IV / 2022 / Polsek Dolok Merawan, Polres Tebing Tinggi, Polda Sumut, tanggal 15 April 2022 an. Indar Jaya Nasution (48) Danton Security PTPN IV Kebun Pabatu, warga Dusun VI Pabatu, Desa Kedai Damar, Kec. Tebing Tinggi, Kab. Serdang Bedagai, dalam perkara Pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 363 ayat 1 ke -4e dari KUH Pidana, ucap Agus Arianto.

Kasi Humas menjelaskan adapun kronologisnya dimana pada hari Jum’at tanggal 15 April 2022 sekira pukul 02.00 Wib, pelapor bersama saksi dari Sekuriti JWM yang ditugaskan PTPN IV Kebun Pabatu mengamankan TS di areal Afdeling V, Blok 17 U, PTPN IV Kebun Pabatu, Desa Pabatu III, Kec. Dolok Merawan, Kab. Serdang Bedagai.

Saat itu TS sedang melangsir / membawa 11 (sebelas) tandan buah kelapa sawit dengan mengendarai sepeda motor Suzuki Shogun warna hitam tanpa nomor Polisi yang mengarah ke arah Desa Bahdamar. TS mengakui buah kelapa sawit yang dilangsirnya itu adalah buah kelapa milik PTPN IV Kebun Pabatu.

TS juga menyebutkan bahwa dia melakukan pencurian tersebut bersama 2 orang temannya berinisial D dan H yang pada saat dilakukan penangkapan keduanya berhasil melarikan diri.

Dari tangan pelaku TS di TKP security berhasil menemukan 250 (dua ratus lima puluh) tandan buah kelapa sawit hasil pencurian TS dan kedua temannya. Selanjutnya TS beserta barang bukti pencurian yang dilakukannya itu dibawa ke Kantor Security PTPN IV Kebun Pabatu.

Akibat pencurian yang dilakukan oleh TS dan kedua temannya tersebut membuat pihak PTPN IV Kebun Pabatu mengalami kerugian sebesar Rp. 5.603.076,- ( lima juta enam ratus tiga ribu tujuh puluh enam rupiah ), dan selanjutnya TS beserta barang bukti pencurian yang dilakukannya itu diserahkan ke Polsek Dolok Merawan untuk di proses sesuai dengan hukum yang berlaku di Negara RI, tutup Kasi Humas.

(TP/AH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *