Tembok Penahan Tanah Patah, Warga Khawatir Dan Minta Pemerintah Memperbaikinya

TEBING TINGGI, TRANSPUBLIK,co.id- Benteng pembatas antara Sungai Padang dengan Pemukiman Warga Dusun Barisan Panjang, Desa Gelam Sei Serimah, Kecamatan Bandar Khalipah, Kabupaten Serdang Bedagai terlihat mulai mengalami retak/ patah.

Hal ini diakibatkan seringnya Sungai Padang yang meluap sehingga membuat benteng tersebut mulai lembek ditambah lagi karena ini akses jalan satu satunya menuju pemukiman warga, seluruh kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 melewati benteng tersebut.

Selain itu benteng tersebut semenjak dibuat tidak pernah ada perawatan dari pemerintah baik pemerintah desa, Kecamatan maupun Kabupaten Serdang Bedagai, sehingga kondisi benteng sangat memprihatinkan dimana benteng tersebut berlubang dan makin kecil.

Melihat situasi benteng yang mana penahan tanahnya mulai retak warga Desa Gelam Sei Serimah mengeluh. Warga sangat khawatir akan kondisi Tembok Penahan Tanah (TPT) tersebut jebol yang berakibat banjir besar akan menimpa pemukiman warga jika sungai padang meluap seperti yang pernah terjadi puluhan tahun lalu.

Selain itu warga khawatir akan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat di lewati kendaraan mobil yang bermuatan, ditambah lagi lokasi benteng sering banjir takutnya terjadi longsor

Salah satu warga sekitar lokasi, E. Siringoringo (60) meminta kepada pemerintah Desa, Kabupaten maupun Provinsi, untuk segera mengambil tindakan dengan memperbaiki tembok penahan tanah tersebut.

“Apabila TPT tersebut tumbang pada saat kenderaan melintas yang kita takutkan, kenderaan dan reruntuhan batu padas bisa bisa mengenai rumah warga, karena lokasi ini sangat dekat dengan beberapa rumah warga,” ujar Siringoringo mewakili warga.

Siringoringo menambahkan berhubung karena inilah akses jalan satu satunya menuju Dusun Barisan Panjang yang penduduknya berjumlah sekitar 150 KK, maka diminta kepada pemerintah khususnya pemerintah desa agar cepat mengambil tindakan untuk pencegahan sebelum terjadi yang tidak diinginkan.

Camat Bandar Khalipah Syahrizal, SP saat dikonfirmasi mengatakan dengan adanya laporan warga terkait Tembok Penahan Tanah di Jalan Dusun Barisan Panjang yang mana saat ini sangat memprihatinkan, kita langsung turun untuk meninjau TPT bersama dengan Kepala Desa Gelam Sei Serimah Muhammad Affan.”ucap Syahrizal.

Menurutnya, melihat kondisi TPT yang dulunya dibangun dari Anggaran Dana Desa (ADD) Tahun 2009 sudah selayaknya direhap, jadi untuk mengantisipasi hal hal yang tidak di inginkan Tembok Penahan Tanah yang saat ini sangat memprihatinkan harus segera di perbaiki, jangan sampai nantinya memakan korban,” tegas Syahrizal.

Dengan kondisi TPT saat ini sudah patah/miring lanjut Camat, diperkirakan sepanjang kurang lebih 30 meter dan tinggi karena posisi turunan mulai dari 50 cm sampai 2,5 meter.

“Hal ini sudah saya sampaikan sama kepala desa untuk segera dapat memperbaikan TPT tersebut, tolong di anggarkan dari sisa anggaran Dana Desa (DD) Tahun ini, agar tidak terjadinya longsor yang tentunya sangat membahayakan bagi warga,”tegas Camat.

(TP/AH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *